10 Jedi Terkuat


Dalam dunia film Star Wars, Jedi adalah para anggota sebuah organisasi biarawan yang kuno dan luhur, yang terkenal karena bakat mereka dalam menggunakan dan menghormati The Force. Dengan menggunakan benda-benda hidup di sekitar mereka untuk menggunakan The Force dan memainkan pedang cahaya (lightsabers) khas mereka, para anggota Organisasi Jedi ini bertempur untuk mempertahankan kedamaian dan keadilan di Galactic Republic selama sekitar 20.000 hingga 25.000 tahun sebelum Perang Yavin.Anggota Orde Jedi sebagian besar terdiri dari para polymaths : Guru,filsuf, ilmuwan,dokter,diplomat dan prajurit, yang menghargai pengetahuan dan kebijaksanaan atas kebangsaan.Dengan melayani orang lain, Jedi memberikan diri mereka melalui tindakan amal, kewarganegaraan, kesukarelaan,dan perbuatan baik. Senjata tradisional mereka adalah lightsaber ,Perangkat yang menghasilkan aliran plasma dikendalikan seperti pisau. Organisasi fiktif telah mengilhami gerakan keagamaan baru nonteistik di dunia nyata,Jediisme

10. Kit Fisto

Seorang Jedi knight yang sangat kuat dan salah satu dari jenderal terbaik ordo Jedi. Kit Fisto memimpin tentara clone melawan tentara droid. Skill lightsaber dan keakuratannya sangat melegenda. Bagaimana dia mendapatkan keahliannya, masih menjadi misteri.
General Grievous pernah bertarung melawan Kit Fisto sekali, dan Fisto hampir membunuhnya, tapi Grievous menangkap Nahdar Vebb, murid Kit, dan mengancamnya.

Pada malam terakhir hidupnya, Kit dan Mace Windu hendak menangkap Senator Palpatine, Darth Sidious.

Saat berhadapan dengan Sith Lord inilah, Kit Fisto binasa.

9. Ki-Adi Mundi

Mundi, seorang Cerean, ditemukan ketika berusia empat tahun oleh Jedi An'ya Kuro dan menjadi salah satu dari beberapa orang yang diizinkan oleh Jedi Order untuk dilatih di bawah umur. Dia selalu sangat dihormati oleh Jedi Council. Dia bahkan duduk di kursi council sebelum menjadi Jedi Master.

Spesiesnya dikenal memiliki tingkat kelahiran yang sangat rendah, sehingga Ki-Adi Mundi mendapat pengecualian yang langka mengenai aturan Jedi Order yang melarang pernikahan, dan memiliki keluarga poligami dari lima istri dan tujuh anak, walaupun ia mencoba untuk menghindari ikatan emosional yang dapat berkembang karena bersama mereka.

Ki-Adi Mundi pernah berduel dengan assassin dark Jedi Asajj Ventress dan memimpin serangan yang tak terhitung jumlahnya terhadap musuh-musuhnya. Dalam Batte of Cerea, seluruh keluarganya dibunuh, yang membuat Ki-Adi Mundi bahkan lebih berkomitmen untuk tujuannya. Dia selalu memasuki pertempuran yang keras bersama pasukannya yang loyal. Dia punya banyak peran besar dalam perang dan berada di garis depan setiap pertempuran; ia berjuang di Clone Wars dan hampir mati di tangan General Grievous. Mundi memimpin Galactic Marines untuk pertempuran di Mygeeto di 19 BBY ketika Palpatine memulai Great Jedi Purge bersama Order 66, sehingga Mundi ditembak mati oleh tentara klonnya sendiri.

8.Qui-Gon Jinn

Qui-Gon Jinn adalah Jedi Master manusia yang dihormati, tapi cukup berbeda dibandingkan yang lainnya. Dia adalah Padawan bagi Count Dooku, kemudian dikenal sebagai Darth Tyranus, dan mentor bagi Obi-Wan Kenobi dan membimbing Anakin Skywalker. Ia sering terlihat sebagai Gray Jedi oleh beberapa anggota Ordo karena sering bertentangan dengan Jedi Council.

Pada awal hidupnya Qui-Gon bertemu wanita Noorian dengan bernama Tahl. Mereka dengan cepat menjadi teman baik di Jedi Academy pada awalnya dan menjaga persahabatan mereka. Sekarang, ketegangan yang sering terjadi di antara Jedi Master dalam hubungan mereka tumbuh dan melalui konflik itu mereka menyadari perasaan mereka satu sama lain. Karena Jedi Order melarang cinta, mereka mengesampingkan perasaan mereka.

Suatu saat Tahl diculik oleh seorang pria bernama Bolag. Qui-Gon menemukannya sekarat dan tak mampu menyembuhkannya dengan kemampuan Forcenya. Saat ia meninggal, ia meratap dalam penderitaan dan membalas dendam atas kematiannya. Pada titik inilah Qui-Gon nyaris terdorong ke dark side. Dia kemudian melacak Bolag bersama muridnya Kenobi dan menyudutkannya. Marah dengan tindakan dan emosi dari dark side yang kuat, ia ingin membunuh Bolag tapi kemudian mendengar suara misterius, yang ternyata adalah suara Tahl, membatalkan niatnya dan menyadari jalan yang telah ia ikuti. Dia kemudian membawa Bolag ke tahanan dan kembali ke Coruscant untuk menguburkan Tahl dengan layak.

Di Tatooine, Qui-Gon menemukan seorang anak budak bernama Anakin Skywalker yang sangat kuat dalam Force. Merasakan potensi anak itu, Qui-Gon membebaskan Anakin dari perbudakan. Qui-Gon lalu membawa Anakin ke Jedi Council, tetapi mereka menganggapnya terlalu tua untuk memulai pelatihan dan berbahaya karena penuh ketakutan dan kemarahan. Mereka menolak untuk mengizinkan Qui-Gon melatih Anakin, namun kemudian mencabut keputusan mereka untuk memenuhi permintaan terakhir Qui-Gon.

Bersama Obi-Wan dia bertarung melawan Darth Maul di Theed Funeral Temple dan menemui ajalnya ketika tewas di tangan Darth Maul, sedangkan Obi-Wan tak dapat berbuat apa-apa karena dia terperangkap di belakang perisai laser. Qui-Won mencapai keabadian melalui Force yang punya dampak besar terhadap siapa Jedi tersebut dan pemahaman mereka tentang Force. Peran Qui-Gon Jinn dalam Star Wars saga sangat penting.

7. Obi-Wan Kenobi

Obi-Wan Kenobi, yang kemudian dikenal sebagai Ben Kenobi selama pengasingannya, adalah Jedi Master legendaris yang memainkan peran penting dalam nasib galaksi selama hari-hari kekalahan Galactic Republic. Dia adalah mentor dari Anakin Skywalker dan Luke Skywalker, melatihnya menurut jalan Force.

Dia memiliki karir yang panjang dan penuh gejolak yang membantu membentuk nasib seluruh galaksi. Dia bertarung dan mengalahkan Darth Maul, Sith yang menewaskan gurunya, Qui-Gon Jinn. Dia juga salah satu anggota terakhir dari High Jedi Council. Tinggi. Ki-Adi Mundi hampir dibunuh oleh General Grievous dan Obi-Wan Kenobi berduel dan membunuhnya. Dia selamat dari Order 66, pemusnahan Jedi, dan membuat keputusan sulit untuk menyerang Dark Lord Vader, Anakin Skywalker, muridnya sendiri.

Setelah pertarungan yang sangat panjang, Obi-Wan Kenobi berhasil mengalahkannya, dan meninggalkannya untuk mati, namun ditemukan masih hidup oleh masternya Darth Sidious, yang menyelamatkannya dan merekonstruksi ulang tubuhnya dengan cybernetic enhancements.

Darth Vader berduel lagi dengan Obi-Wan beberapa dekade kemudian. Obi-Wan tampaknya mengorbankan hidupnya untuk menggunakan kematiannya sebagai kesempatan untuk mendorong Luke Skywalker untuk bertarung dengan motif yang kuat. Ia menjadi satu dengan Force, dan bahkan setelah kematiannya, ia membimbing Luke bertemu Yoda dan bertindak sebagai penasihat sepanjang hidup Luke.


6. Revan

Revan, yang menjadi favorit di antara para penggemar Star Wars, adalah pria yang memainkan peran penting baik sebagai Jedi dan Sith di Mandalorian Wars dan Jedi Civil War.

Diyakini lahir di Outer Rim Territories, pria yang kemudian dikenal sebagai Revan ini lahir sekitar tahun 3994 BBY dan belajar di bawah sejumlah Jedi Master yang berbeda-beda sebagai seorang Padawan dari Jedi Order. Diakui oleh Jedi Order sebagai ahli strategi militer yang luar biasa, Revan sangat karismatik dan berpengaruh. Ras Mandalorians, ras kombatan yang sangat tangguh memanggilnya The Butcher.

Dia pernah bertarung melawang Sith Emperor, Darth Vitiate, bersama dengan Jedi Knight Malak. Di saat itulah, sang Emperor mengacaukan pikiran mereka dan membuat mereka beralih dari Jedi Knight menjadi Sith Lords. Revan adalah Sith Lord yang sangat kuat, tapi Jedi Order berhasil menangkapnya dan menghapus ingatannya, sehingga mereka bisa menggunakannya sebagai prajurit tangguh ini untuk tujuan mereka sendiri. Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan para Jedi, dan mungkin untuk menunjukkan rasa hormat mereka kepada Revan.

Revan jatuh cinta dengan Bastilla, dan bersama-sama mereka menghadapi murid Revan, Sith Lord Malak. Revan menyerang ribuan markas Sith yang tak terhitung jumlahnya, membantai ribuan tentara Sith, dan menewaskan puluhan Sith Apprentices dan Masters sampai akhirnya ia membunuh Darth Bandon, murid Malak.

Darth Malak menangkap Bastilla dan mengubahnya ke dark side, tapi Revan tak akan menyerah pada cinta, melawannya dan mengalahkannya. Bastilla kemudian memintanya untuk beralih ke dark side mengungkap jati dirinya. Raven menolak dan melanjutkan untuk membunuh Malak. Bastilla kembali ke kesadarannya karena cinta dan berjuang kembali untuk Republik. Ia kemudian dipenjarakan oleh Emperor. Ketika Revan dibebaskan dari penjara ia bertekad untuk menyelesaikan apa yang ia mulai dengan mengakhiri hidup sang Emperor.

Setelah tewas dalam Battle of Foundry, dualitas nya memaksa dia untuk menjadi dua entitas. Light side nya menjadi satu dengan Force sementara dark side nya memutuskan untuk melanjutkan rencananya. Revan mencoba untuk menghidupkan kembali Emperor (tubuhnya mati, tapi rohnya masih hidup) untuk akhirnya bisa membunuhnya. Namun, ia dikejar oleh sejumlah prajurit terbesar koalisi, termasuk keturunannya sendiri. Merasa gagal, dark Revan yang marah dikunjungi oleh sebagian roh nya, lalu meyakinkan setengah rohnya yang lain untuk melepaskan dirinya dari tubuh fisik dan bergabung sekali lagi, membuat Revan menjadi satu kembali. Pikirannya pulih, Revan memperingatkan koalisi untuk tetap waspada menghadapi kembalinya Emperor, dan pengguna Force kuno inipun akhirnya menjadi satu dengan Force. Tubuh fisik Revan akhirnya lenyap, hanya menyisakan topeng dan lightsaber nya.


5. Kyp Durron

Kyp Durron adalah seorang pria yang berpengaruh dalam sejarah galaksi, baik sebagai Jedi Master yang memimpin New Jedi Order yang didirikan Luke Skywalker dan seorang pria yang bertanggung jawab atas kematian selama aksi anti-Imperial di 11 ABY.

Dihukum penjara di kompleks Kessel, Kyp Durron muda dibesarkan tanpa cinta terhadap Empiter setelah saudaranya menjalani wajib militer sebagai Stormtrooper. Kekuatan Forcenya dilatih oleh tahanan lain, Vima-Da-Boda, hingga akhirnya ia melarikan diri dengan Han Solo dimana akhirnya dia mendapatkan pelatihan Jedi formal. Dia mulai belajar di Jedi Academy yang dibentuk Luke Skywalker di Yavin 4. Kyp adalah seorang siswa berbakat dan kuat tapi sangat arogan. Jiwa Sith Lord kuno Exar Kun mulai mengeksploitasi arogansinya dan mengubahnya ke dark side.

Kyp berbalik melawan Luke, melumpuhkannya dan kemudian melarikan diri planet Yavin 4. Dia mencuri senjata super Imperial terbaru Sun Crusher. Sun Crusher adalah sebuah kapal yang mampu menembakkan rudal yang dapat menyebabkan bintang mengalami ledakan Supernova. Dia menggunakan senjata ini untuk menghancurkan sistem tar dari planet Carida. Dia memilih Carida karena itu adalah lokasi Imperial Military Academy, tempat dimana saudaranya dibawa.

Akhirnya Master Skywalker dan Han Solo mampu membawa dia kembali ke light side Force dan Kyp rela dirinya diadili atas apa yang telah dia lakukan. The New Republic meninggalkan keputusan akhir kepada Luke dan dia mengijinkan Kyp untuk melanjutkan pelatihan Jedi nya. Kyp kemudian menjadi Jedi Master dan Jedi Council saat invasi Yuuzhan Vong. Dia adalah seorang juru bicara dewan dan masih mempertahankan banyak sikap arogansinya ketika dia masih muda, tapi dia adalah anggota yang dihormati di Jedi Order.


4. Mace Windu

Berasal dari dunia Haruun Kal, Mace Windu menjabat sebagai salah satu anggota terakhir dari High Jedi Council sebelum Great Jedi Purge dan bahkan menjadi Master Ordo di hari-hari menjelang Battel of Geonosis. Windu sering dianggap sebagai orang kedua setelah Grand Master Yoda, meskipun Windu adalah junior beda delapan abad Yoda. Kebijaksanaan dan kekuatan Windu dianggap legendaris oleh banyak orang, seberat kata-katanya. Sebelum dia memberi gelarnya untuk Master Yoda, Mace Windu adalah Master of Jedi Order. Dia adalah salah master lightsaber terbaik yang pernah ada dan bahkan menciptakan bentuk ketujuh lightsaber combat, bernama Vaapad. Hal yang patut diingat adalah, Windu adalah satu-satunya praktisi gaya bertarung ini yang tak pernah jatuh ke dark side, karena memang gaya bertarung ini sangat rawan untuk membuat seseorang jatuh ke dark side. Dia adalah seorang jenderal besar, dianggap oleh semua orang sebagai petarung lightsaber Jedi yang pernah ada. Lightsaber ungu ikonik nya diwarnai oleh kristal langka yang memberikannya warna itu.

Kit Fisto bersama dengan Mace Windu pada malam terakhirnya ketika mereka pergi untuk menangkap Darth Sidious. Kit Fisto kehilangan nyawanya dalam pertempuran tersebut. Ketika Mace Windu hendak mengakhiri hidup Sidious, Anakin Skywalker mengkhianatinya, dan Great Jedi Master ini pun jatuh di tangan Darth Sidious.

3. Jacen Solo

Anak Han Solo dan Leia Organa Solo yang lahir di planet Coruscant, sehingga sering diincar oleh pembunuh, penculik, dan pencuri sejak kecil, karena orang tuanya yang sangat terkenal. Ketika Jacen berusia tiga belas tahun, ia dan adiknya, Jaina Solo, mulai berlatih dengan paman mereka, Luke Skywalker, menuju jalan Jedi. Saudara mereka, Anakin Solo, berjuang dalam perang melawan ras yang disebut Vongs, yang hampir menghancurkan New Republic. Anakin berjuang tanpa bantuan saudaranya karena Jacen menolak kekerasan dan menolak untuk melawan. Namun, Jacen setuju untuk bergabung dengan pasukan pembunuh bersama saudaranya. Ketika adiknya tewas pada misi itu, Jacen dipaksa untuk menjadi pemimpin, membunuh musuh-musuhnya, dan berduka selama perjalanannya pulang.

Jacen bersama dengan Jedi Knight Nelani Dinn, melawan Sith Lumiya yang meyakinkan Jacen bahwa satu-satunya cara supaya galaksi bisa diselamatkan adalah jika ia bergabung dengan dark side. Bingung mengenai perasaannya, ia menggunakan kemampuan Force Vision untuk melihat ke masa depan. Dia melihat galaksi terus berada dalam perang, dan ia sendiri membunuh Luke Skywalker, jika dia ditangkap. Bahkan jika ia memaksa Dinn untuk melepaskan Lumiya, Skywalker akan dibunuh. Satu-satunya masa depan dimana Skywalker hidup adalah ketika Dinn tewas di asteroid. Solo pun mengejar Dinn dan membunuhnya untuk kebaikan yang lebih besar. Dialah orang yang membunuh cinta Luke Skywalker, Mara Jade. Dia menyiksa muridnya Ben dan terus menyusuri jalan menjadi Darth Caedus. Takdir berkata bahwa ia akan dibunuh oleh saudara kembarnya sendiri, Jaina, mantan rekannya.


2. Yoda

Yoda adalah salah satuJedi Master paling terkenal dan paling kuat dalam sejarah galaksi. Dia adalah anggota dari spesies misterius, yang tak pernah ia ungkap dan hanya diberi nama spesies Yoda. Dia dikenal karena kebijaksanaannya yang melegenda, master Force dan keterampilannya pertempuran lightsaber. Yoda menjabat sebagai anggota High Jedi Council dalam abad terakhir Republik Galactic dan sebagai Grand Master mengawasi Jedi Order sebelum, selama dan setelah Clone Wars.

Orang kecil ini adalah Master of Jedi Order dan Ketua Jedi Council terlama. Walaupun ia memiliki kekuatan yang besar, Yoda memilih untuk mengajar para murid muda dan master, membuat anak-anak tersebut menerima pengetahuan dan pengalaman. Dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mengajar daripada berjuang.

Sith Master, Darth Sidious, pernah berduel dengan Master Yoda, tetapi Yoda tak bisa mengalahkan dia. Dia melarikan diri, dan mengatakan kalau dia harus melakukan pengasingan karena telah gagal. Ia kemudian ditemukan oleh Luke Skywalker beberapa dekade kemudian, yang mengajarkan tentang light side Force dan melatihnya sesaat. Ketika Luke kembali setahun kemudian, Yoda telah sakit dan melemah, dan tahu kematiannya sudah dekat. Ia memberitahu Luke Skywalker bahwa pelatihannya telah selesai, tetapi tes terakhirnya adalah menghadapi Darth Vader. Dia juga mengkonfirmasi bahwa Darth Vader adalah ayahnya. Dia juga mengatakan kepada Luke bahwa ia tak boleh meremehkan Palpatine, dan bahwa ia harus menyampaikan apa yang telah ia pelajari, sebagai karena Force mengalir kuat dalam keluarga Luke. Dengan napas terakhirnya, Yoda berjuang untuk memberitahu Luke kata-kata terakhirnya, bahwa masih ada Skywalker lain.


1. Luke Skywalker

Luke, anak dari fallen Jedi Knight Anakin Skywalker dan Queen of Naboo, Padme Amidala, dibesarkan di Tatooine dan disembunyikan dari Emperor Palpatine dan ayahnya, yang barusan menjadi Darth Vader. Luke menghancurkan Death Star pertama, yang memukul telak Empire.
Selama misinya untuk menghentikan Death Star ke-2 dibangun ulang, Vader menangkapnya dan membawanya ke Emperor, Darth Sidious. Sidious memerintah mereka untuk bertarung satu sama lain dan puas melihat ayah dan anak itu bertarung. Luke menang dan menolak untuk beralih ke dark side. Darth Sidious kemudian menggunakan Force Lightning ke Luke, tapi Vader berubah ke light side ketika melihat anaknya menderita, membunuh Sidious dan meninggal kemudian.

Setelah itu, Luke mendirikan Jedi Order baru dan mulai melatih Jedi, menjadikan dirinya Grand Master. Luke dikatakan selalu menjadi orang yang tak terkalahkan. Dia bisa melihat masa depan dan punya kemampuan yang tak pernah dimiliki Jedi lain.

Pada suatu saat di 137 ABY, Luke meninggal. Ketika Luke meninggal, dia menyatukan rohnya dengan Force seperti ayahnya dan mentor-mentornya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kota Majapahit di Trowulan

Bahasa Jawa : Sekilas Asal-Usul Bentuk Kromo-Ngoko

Taliwangke dan Samparwangke